Jumat, 03 Oktober 2014

Tune Up Sepeda Motor

Tune Up adalah kegiatan perawatan berkala pada kendaraan bermotor, misalnya pada sepeda motor. Kegiatan tune up ini meliputi: pemeriksaan bagian-bagian sepeda motor untuk memastikan bagian tersebut masih berfungsi sebagaimana mestinya, pembersihan bagian yang kotor agar kotoran yang ada tidak merusak sistem, penyetelan bagian yang berubah agar sesuai dengan spesifikasinya, perbaikan/penggantian komponen yang rusak/aus.

Setiap sepeda motor yang dioperasikan pasti akan mengalami mengalami kelelahan dan keausan pada bagian-bagian dari sepeda motor tersebut (mesin, transmisi, rangka, dan sebagainya)  sehingga akan mengurangi kinerjanya. Pengurangan kinerja tersebut berupa tenaga mesin menurun, akselerasi lambat, bahan bakar boros, dan kemungkinan kerusakan berlanjut/merembet terhadap kerusakan komponen yang lainnya.


Apabila kerusakan motor tidak ditanggulangi melalui tune up ( perawatan berkala ), maka kerusakan tersebut akan meningkat ke  arah kerusakan komponen yang bertambah parah dan membutuhkan dana yang cukup besar untuk mengembalikan sepeda motor pada kondisi standart/semula.

Adapun keuntungan dari dilakukannya  tune up pada sepeda motor secara berkala, diantaranya:
1)  Usia komponen/kendaraan sepeda motor lebih lama
2)  Konsumsi bahan bakar sepeda motor lebih ekonomis
3)  Tenaga mesin optimal
4)  Kadar polusi/emisi gas buang kendaraan lebih rendah

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tune up sepeda motor secara umum. Selanjutnya silahkan baca tentang Prosedur Tune Up Sepeda Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar