Minggu, 05 Oktober 2014

Pemeriksaan & Penggantian Oli / Minyak Pelumas Mesin Sepeda Motor

Oli atau minyak pelumas pada sebuah mesin sepeda motor sangat lah penting. Karena oli berfungsi untuk melumasi bagian atau komponen-komponen mesin yang bergerak dan saling bergesekan. Dengan adanya pelumasan tersebut, maka gesekan yang terjadi pada komponen mesin akan berkurang. Selain itu, minyak pelumas berguna juga untuk mengurangi panas yang dihasilkan adanya komponen mesin yang saling bergesekan.

Mengingat pentingnya peran minyak pelumas pada sebuah mesin, maka perlu kiranya dilakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kuantitas dan kualitas minyak pelumas tersebut. Pemeriksaan jumlah oli pelumas mesin melalui  stick oil.  Jumlah/tinggi permukaan oli harus berada di antara  tanda batas atas dan batas bawah pada stick oli. Oli pelumas harus diganti apabila :

  • Kekentalan/viskositas rendah/encer
  • Jumlah oli kurang
  • Warna oli berubah drastis/jarak tempuh sudah terpenuhi.
Oli pelumas mesin sepeda motor mempunyai nilai viskositas atau kekentalan SAE 20W/50 dengan API SE/SF. Jumlah oli 0,8 – 1,5 ltr, tergantung spesifikasi motornya. Saat melakukan pembongkaran ataupun turun mesin, jumlah oli yang diisikan ditambah 20% dari jumlah penggantian oli pada kondisi normal. Misalnya pada saat penggantian oli normal 0,8 ltr, maka saat turun mesin oli pelumas diisi kembali sebanyak 1 ltr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar