Senin, 03 November 2014

9 Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas Merk Honda


Cari motor honda bekas berkualitas tidak semudah yang dibayangkan. Kebanyakan para calon pembeli lebih tergiur dengan tampilan luar dari motor yang akan dibelinya. Selain itu, yang menarik para pembeli motor bekas adalah murahnya harga yang diberikan oleh pihak penjual (baca: daftar harga motor honda terbaru).

Para calon pembeli harus lebih hati-hati dalam memilih motor bekas idamannya. Jangan sampai Anda dirugikan oleh si penjual. Harapannya ingin mendapatkan motor bekas berkualitas eh malah mendapat motor bekas yang gak waras. Ya wajar saja, namanya juga motor bekas, tidak semuanya dijamin berkualitas kondisinya.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar mendapatkan motor bekas yang berkualitas saat Anda membelinya, berikut tipsnya:

  1. Survey harga pasar motor bekas yang anda ingin beli, bisa melalui media offline ataupun media online.
  2. Periksa nomor rangka dan mesin motor dan sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB. Warning: Nomor rangka dan mesin motor yang sesuai belum tentu motor tersebut asli. Perhatikan lebih jelas apakah nomor rangka dan mesin motor adalah asli serta bukan ketokan kasar. Biasanya penjual atau penadah motor curian mengubah nomor rangka dan mesin dengan cara diketok.
  3. Periksa kondisi fisik/bodi motor secara menyeluruh. Apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah orderdil bawaannya alias orisinil.
  4. Periksa kondisi oli mesin. Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih bisa menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik menjadi lebih halus.
  5. Periksa Speedometer apakah mengalami retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jarak yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika di atas 20.000 km, dapat dipastikan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti dan akan banyak merogoh kocek anda nantinya.
  6. Hidupkan mesin motor dan cek apakah bisa stationer atau langsam. Kondisi mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1.500 rpm. Serta pastikan juga tidak ada bunyi yang kasar di dalam mesin.
  7. Periksa gigi transmisi saat kendaraan dijalankan apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit untuk pindah gigi berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis.Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi transmisi primer dari motor tersebut akan segera habis.
  8. Periksa rangka atau sasis motor. Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang serta pastikan rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokan. Jalankan kurang lebih 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
  9. Lakukan pengecekan terhadap kondisi roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dan belakang. Hal ini untuk meyakinkan bahwa sasis atau rangka tidak membengkok. Motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
  10. Ini tips bonus ya hehehe... silahkan periksa kebocoran, kondisi kelistrikan, dan roda. Usahakan dapat mencoba jalankan motor lebih lama dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu tanda belok, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau electric starter motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
Silahkan lakukan tips-tips diatas guna mendapatkan motor bekas berkualitas sesuai dengan yang anda inginkan. Semoga tips membeli motor bekas berkualitas yang sudah disampaikan tadi dapat bermanfaat bagi para pembaca yang akan membeli motor bekas. Selamat memilih dan membeli motor bekasnya ya! Selanjutnya bagi yang sedang mencari motor honda terbaru silahkan baca Motor Honda Terbaru, Motor Honda Beat, Motor Honda Vario

1 komentar:


  1. Domino206 Mengucapkan Selamat tahun baru 2019
    Di tahun 2019 Persentase menang di tingkatkan !!
    Buruan DAFTAR-kan dan mainkan game nya ^_^
    Dan ada Bonus Tahun baru Lhooo
    Langsung saja kunjungi website kami
    Link Hoki : domino99vip.com
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di domino99vip.com
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    = domino99vip.com
    = pelangidomino.info
    = pelangidomino.net

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    BalasHapus