Selasa, 04 November 2014

Cara & Gaya Mengendarai Sepeda Motor Agar Hemat Bahan Bakar

http://adahonda.blogspot.com

Tips menghemat bahan bakar sepeda motor telah dijelaskan pada postingan sebelumnya. Diantara tips tersebut telah disebutkan bahwa cara dan gaya berkendara berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar sepeda motor yang dikendarai. Cara mengendarai yang ugal-ugalan dan sembarangan tanpa menggunakan teknik tertentu akan berakibat borosnya konsumsi bahan bakar oleh kuda besi yang dinaiki.

Lalu bagaimana cara dan gaya yang benar dalam mengendarai sepeda motor agar bisa menghemat atau irit pemakaian bahan bakar?

Jika seorang pengendara sepeda motor masih suka kebut-kebutan, sering memainkan gas saat mesin hidup tapi kondisi kendaraan berhenti, sering main selip kopling dan lainnya, maka sudah bisa dipastikan pemakaian bahan bakarnya boros alias tidak irit. Lalu sebaiknya bagaimana agar bisa menghemat bahan bakar? Hindari kebiasaan yang saya sebutkan tadi. Sebaiknya, jalankan motor dengan santai/pelan, menarik handle gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, dan memposisikan gigi transmisi pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yang pas.
   
Kemacetan seolah telah menjadi budaya baru di jalanan kota-kota besar di Indonesia. Akibatnya, selain memicu stress si pengendara sepeda motor, konsumsi BBM pun bertambah. Dan kedua hal ini tanpa disadari sebenarnya saling berhubungan. Berbagai survei mengatakan bahwa tingkat stres tinggi pada seseorang akan lebih mudah memacu kendaraan lebih cepat tanpa memperhitungkan situasi dan kondisi sekelilingnya. Alhasil BBM yang terpakai mesin pun makin banyak.

Itulah beberapa cara dan gaya yang perlu dihindari dan perlu dilakukan oleh pengendara sepeda motor guna menghemat pemakaian bahan bakar kendaraannya. Semoga bermanfaat! Silahkan baca juga Tips Menghemat Bahan Bakar Sepeda Motor Hadapi Kenaikan Harga BBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar